Startup Studio Indonesia Mewadahi Berbagai Start Up Yang Ingin Berkembang

startup studio indonesia

Perkembangan startup di Indonesia ternyata mengalami peningkatan yang cukup siginifikan. Sebuah wadah yang di buat oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika yaitu Startup Studio Indonesia berhasil menyita para pelopor startup diseluruh Indonesia.

Saat ini, startup studio Indonesia tengah memasuki batch ke 3. Dihimpun dari berbagai sumber yang ada, acara yang diselenggarakan oleh Kominfo ini akan menargetkan sampai dengan tahun 2024 dapat mencetak 150 startup digital yang dapat mengembangkan skala bisnisnya, dari segi jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan dari Venture Capital.

Acara ini digelar memang untuk benar-benar mencari startup yang memiliki tujuan yang diharapkan. Diketahui saat ini terdapat 15 startup early-stage dari total 5.723 startup yang telah mendaftar. Dari ke-15 startup ini terpilih untuk mengikuti berbagai kegiatan program inkubasi yang dilakukan oleh Startup Studio Indonesia pada batch 3 ini.

Sampai dengan tahun 2024, acara Startup Studio Indonesia ini akan tetap berjalan. Jika Anda memiliki perusahaan rintisan mulailah untuk menyiapkan segala sesuatunya. Nah, hal apa saja yang harus Anda siapkan supaya perusahaan rintisan Anda mendapatkan pendanaan.

Di Indonesia teradpat sebuah perusahaan pendanaan yang rutin memberikan pendanaan seperti Alpha JWC Ventures. Dari artikel yang diteribatkan oleh website Alpha JWC Ventures kita dapat balajar, hal apa saja yang harus di siapkan suapaya perusahaan rintisan kita mendapatkan pendanaan tersebut, walaupun tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan pendanaan dari perusahaan ventures lainnya.

Bagi Anda yang sudah siap dengan produk rintisan Anda, perlu kembali mengecek persyaratan apa saja yang harus disiapkan. Diantara yang harus Anda siapkan oleh perusahaan Anda yaitu investment pitch deck, riset pasar, dan legalitas perusahaan.

startup studio indonesia terbaik

Investment Pitch Deck

Investment pitch deck ini merupakan presentasi terkati perusahaan yang akan Anda sampaikan kepada calon pemberi dana di perusahaan Anda. Berikanlah penjelasan singkat terkait perusahaan Anda dan tujuan dari perusahaan Anda seperti apa. Berikut ini yang harus Anda perhatikan agar Investment pitch deck Anda dapat dilirik oleh calon investor. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah seperti masalah yang akan dipecahkan oleh perusahaan Anda, kemudian solusi yang disiapkan, target market dari perusahaan Anda, pertumbuhan perusahaan Anda akan seperti apa atau biasa disebut sebagai traction, cantumkan juga tim Anda untuk mengembangkan bisnis ini, Anda juga dapat mencantumkan kompetitor Anda, dan finansial yang harus Anda siapkan untuk menjaga agar bisnis Anda tetap berjalan dan terus tumbuh.

Riset Pasar

Bagi startup, riset adalah hal yang sangat mutlak. Anda harus melakukannya untuk melihat kondisi pasar saat ini. Apakah bisnis Anda memang benar-benar dibutuhkan atau tidak. Perusahaan Anda harus benar-benar menjadi perusahaan yang memberikan solusi yang real.

Selain riset pasar, perusahaan Anda harus mengerti bagaimana kompetitor bekerja. Apa yang akan ditawarkan oleh perusahaan Anda dibandingkan dengan kompetitor. Apa kelebihan perusahaan Anda dibandingkan kompetitor.

Legalitas Perusahaan

Untuk mendapatkan pendanaan setidaknya, perusahaan Anda harus memiliki badan hokum. Karena sebuah bisnis berjalan dikarenakan ada legalitas hitam diatas putih.

Jika hal-hal tersebut diatas sudah terpenuhi, saatnya Anda mengikuti pendanaan tahap awal atau yang biasa dikenal dengan pendanaan seri A. Kisaran biaya yang akan diterima oleh startup dari investor berkisar US$ 2 juta sampai dengan US$ 15 juta.

Jika Anda ingin dilirik oleh investor, Anda harus memiliki rencana pengembangan model bisnis jangka panjang serta menguntungkan. Diakrenakan investor tidak hanya mencari bisnis dengan ide yang hebat melainkan disertai strategi kuat sehingga bisnis yang Anda jalankan menjadi sebuah bisnis yang dapat berdaya saing dan dapat meraup keuntungan.

Author: nurani